October 19, 2014

Hubungan Manajemen, Tata Kerja dan Organisasi

A. MANAJEMEN

Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. Dalam mencapai tujuannya kegiatan manajemen harus dapat menyatukan tenaga, uang, metode, bahan, mesin dan keahlian pemasaran serta segala fasilitas lainnya yang dibutuhkan, sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai dengan efektif.

B. ORGANISASI

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, berencana, berorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya uang, sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Jadi sudah sangat jelas bahwa organisasi itu pasti mengandung unsur individu yang berkumpul dalam sebuah kelompok yang memiliki tujuan tertentu, memiliki aturan tertentu sesuai dengan kebutuhan organisasi tersebut, dan di dalamnya terdapat susunan kepemimpinan untuk mengatur jalannya organisasi tersebut agar berjalan dengan baik.

C. TATA KERJA

Tata kerja merupakan cara pekerjaan dengan benar dan berhasil untuk mencapai tingkat efisien yang maksimal dengan mempertimbangkan tujuan, fasilitas, tenaga kerja, waktu dan lain-lain yang tersedia.

E. HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN, TATA KERJA DAN ORGANISASI

Jadi dapat disimpulkan hubungan antara manajemen, tata kerja dan organisasi adalah Manajemen adalah suatu proses yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan dan untuk mencapai tujuan tersebut di perlukan ada nya suatu organisasi dan suatu tata kerja untuk mengatur jalan nya organisasi dengan baik agar mendapatkan tujuan yang maksimal.


F. HUBUNGAN MANAJEMEN DAN ORGANISASI

Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama di satu pihak dengan tujuan di pihak lain. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga, fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi, dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian erat dan kekalnya hubungan antara manajemen dan organisasi. 

G. HUBUNGAN MANAJEMEN DAN TATA KERJA

Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana agar sumber–sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. Pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk:
- Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber dan waktu yang tersedia,
- Menghindari kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan,
- Dan menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.

Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja:
Manajemen: Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata kerja: Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber dan waktu yang tersedia.

H. HUBUNGAN MANAJEMEN, TATA KERJA DAN ORGANISASI

Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah: 
- Manajemen: proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
- Organisasi: alat bagi pencapaian tujuan tersebut
- Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.


=================================================================================

Berdasarkan kutipan dari referensi di atas, hubungan antara manajemen, tata kerja dan organisasi begitu erat. Menurut saya, dalam dunia manajemen, biasanya tugas manajer lah yang bertugas mengatur organisasi, tapi tidak hanya itu saja ternyata, tata kerja yang baik juga diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan agar selesai sesuai target yang ditetapkan pada perusahaan. Sang manajer harus mempersiapkan proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya, lalu pembagian tugas, dan perencanaan tata kerja. Dengan begitu, tercapailah sasaran yang efektif dan efisien.

No comments:

Post a Comment